• SMK MANANGGA PRATAMA
  • Jl. Bojong Tengah No.2D - Tasikmalaya ( Terakreditasi A )
    Mencetak Lulusan yang Berakhlak Mulia, Terampil dan Mandiri

Profil SMK Manangga Pratama

 

 

Informasi Sekolah
Nama : SMK MANANGGA PRATAMA TASIKMALAYA
NPSN : 20224520
Alamat : JL. BOJONG TENGAH NO. 2D TASIKMALAYA
Desa / Kelurahan : Cipedes
Kecamatan : Cipedes
Kabupaten / Kota : Kota Tasikmalaya
Provinsi : Jawa Barat
Kode Pos : 46133
Status Sekolah : SWASTA
Waktu Penyelenggaraan : 5 hari (Sabtu - Minggu Libur)

Pendirian SMK Manangga Pratama yang dulunya bernama STM (Sekolah Teknik Mesin) Manangga Pratama tidak dapat dipisahkan dari pendirian Yayasan Manangga Pratama pada awal tahun 1996. Yayasan Manangga Pratama adalah wujud kepeduliaan Bapak Drs. H. Eddy Wanilihardjadinata selaku pemilik LPT Eka Jaya yang berdiri pada tahun 1959 yang merupakan lembaga pendidikan kursus teknik satu-satunya yang ada di Tasikmalaya pada era itu.

Setelah berdirinya Yayasan Manangga Pratama sebagai lembaga yang akan menaungi STM Manangga Pratama, Bapak Drs. H. Eddy Wanilihardjadinata lalu membangun gedung sekolah mulai dari ruangan belajar hingga kantor tata usaha. Pada awal tahun berdirinya STM Manangga Pratama hanya membuka 1 jurusan saja yaitu Teknik Mesin Otomotif.

Secara resmi STM/SMK Manangga Pratama beroperasi pada tahun 1997 dengan SK Izin Operasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan secara langsung. Seiring berjalannya waktu sampai pada tahun 2001-2002 pada saat Otonomi daerah dan terbentuknya Kota Tasikmalaya sebagai Kota Administratif dari wilayah Tasikmalaya berdampak pula terhadap perkembangan STM/SMK Manangga Pratama. 

Dalam masa perkembangannya, SMK Manangga Pratama telah memiliki siswa yang cukup, fasilitas yang memadai, serta manajemen pengelolaan sekolah. Maka pada tahun 2008 diikutilah Akreditasi Sekolah Menengah Kejuruan yang akhirnya SMK Manangga Pratama meraih nilai yang sangat memuaskan yaitu Terakreditasi A. Setelah terakreditasi, Bapak Drs. H. Eddy Wanilihardjadinata mempercayakan kepemimpinan sekolah kepada Bapak Japar Solihin. Kemudian pada tahun yang sama Bapak Japar Solihin bersama Pembina Yayasan Bapak Drs. H. Eddy Wanilihardjadinata membuka jurusan dengan Bidang Keahlian yang baru diantaranya Teknik Sepeda Motor dan Rekayasa Perengkat Lunak.

Setelah beberapa tahun dilalui dengan status Sekolah Menengah Kejuruan yang menjadi salah satu SMK terkemuka di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, hingga pada tahun 2012  SMK Manangga Pratama kembali memperoleh nilai memuaskan pada reakreditasi Jurusan dengan nilai Terakreditasi A untuk semua jurusan (TKR, TSM dan RPL) hingga saat ini dan SMK Manangga Pratama tetap menjadi salah satu SMK swasta pilihan atau favorit di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.

 

Halaman Lainnya
Kalender Pendidikan 2022-2023

02/03/2023 09:30 - Oleh Administrator - Dilihat 886 kali
Struktur Kurikulum

Dalam Proses...

02/03/2023 09:28 - Oleh Administrator - Dilihat 612 kali
Struktur Organisasi

Ketua Yayasan   : H. Berry Herlambang Kepala Sekolah   : Japar Solihin, S.Pd., M.Pd. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum  : Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd.

23/02/2023 22:21 - Oleh Administrator - Dilihat 794 kali
Visi dan Misi SMK Manangga Pratama Kota Tasikmalaya

Visi  Menjadikan SMK Manangga Pratama sebagai penyedia layanan pendidikan yang berkualitas dengan menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, terampil dan mandiri. Misi Meningkatka

29/01/2023 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 1077 kali